Home » Komputer & IT » Heuristic Evaluation » User Control and Freedom – Salingsapa.com

User Control and Freedom – Salingsapa.com

Masalah 1: Tidak ada tombol untuk membatalkan upload foto

Saat akan mengganti foto profil, saya diberikan formulir berikut ini,

control1

Setelah mengeklik tombol ‘Choose’ saya diarahkan untuk memilih foto. Setelah memilih foto, muncul tampilan berikut ini,

control2Selanjutnya, saya tidak bisa membatalkan untuk mengupload foto ini, karena tidak ada tombol cancel untuk membatalkannya. Hanya ada tombol ‘Upload’. Biasanya ketika mengeklik di sembarang tempat di layar abu-abu, otomatis pop up tersebut akan hilang. Ketika saya klik, ternyata tidak ada perubahan sama sekali.

Menurut saya, seharusnya diberikan tombol cancel agar pengguna dapat membatalkan proses tersebut jika pengguna salah memilih gambar sebelumnya. Untuk masalah ini, saya memberikan nilai 2 (Minor Usability Problem).


Masalah 2: Tidak ada konfirmasi saat mengeklik tombol logout

Pada halaman untuk mengganti avatar, terdapat beberapa tombol tanpa label dengan icon. berikut screenshotnya,

control3Saat mengeklik tombol logout (yang dilingkari merah), saya langsung keluar dari sistem tanpa ada pesan konfirmasi. Saya langsung diarahkan ke halaman utama berikut ini,control4Menurut saya, seharusnya sistem memberikan pesan konfirmasi sebelum pengguna keluar. Apalagi letak tombolnya ada di konten utama, sehingga kemungkinan untuk salah klik sangat besar. Untuk masalah ini, saya memberikan nilai 2 (Minor Usability Problem)

One thought on “User Control and Freedom – Salingsapa.com

  1. Saya setuju dengan evaluasi penulis..akan sangat menyebalkan ketika kita tidak bisa melakukan aksi sesuai keinginan, terutama apabila proses upload berlangsung lama, sehingga sebagai pengguna kita akan lama menunggu sesuatu yang belum pasti 😀

Leave a comment