Home » Komputer & IT » Heuristic Evaluation » Match between system and the real world – Salingsapa.com

Match between system and the real world – Salingsapa.com

(Eksperimen ini saya dokumentasikan pada tanggal 02 Juni 2015)

Masalah 1: Sign-up dan daftar dua hal yang berbeda.

Setelah melakukan eksperimen sebelumnya, saya mengeklik link ‘Create An Account’ pada gambar ini,

system3Selanjutnya, saya dialihkan ke halaman berikut ini,

match1

Antarmukanya berbeda saat saya mendaftar sebelumnya, yaitu http://www.salingsapa.com/member/daftar. Seolah-olah sign-up dan daftar memiliki dua fungsi yang berbeda,

match2

Tentunya hal ini tidak sesuai dengan konsep kebanyakan di dunia nyata bahwa sign-up dan daftar itu sama saja. Menurut saya , lebih baik kedua link tersebut dialihkan ke halaman yang sama. Untuk hal ini , saya memberikan nilai 2 (Minor Usability Problem).


Masalah 2: Icon tidak sesuai

Dalam dunia internet, sudah banyak icon yang dikenal familiar oleh netizen. Contohnya adalah icon dengan huruf ‘i’ untuk informasi dan icon ring atau perkakas untuk pengaturan. Namun, di salingsapa.com, icon yang digunakan untuk informasi ‘Sekilas Tentang Salingsapa’ adalah gambar ring, seperti screenshot di bawah ini.

system6Menurut saya, lebih baik icon yang digunakan adalah huruf ‘i’, karena icon ring tersebut sudah lazim dipakai untuk menggambarkan fungsi pengaturan/setting. Untuk hal ini, saya memberikan nilai 1.

 

One thought on “Match between system and the real world – Salingsapa.com

  1. Pingback: Visibility of system status – Salingsapa.com | Rahmat Nasution

Leave a comment