Home » Komputer & IT » Heuristic Evaluation » Consistency and Standards – Salingsapa.com

Consistency and Standards – Salingsapa.com

Masalah 1: Tombol logout berbeda

Setelah memiliki akun, saya masuk ke halaman ‘setting’ di http://www.salingsapa.com/member/setting. Pada halaman tersebut, terdapat icon untuk logout. Berikut screenshootnya,

consistency1

Setelah saya cek, ternyata fungsinya sama dengan tombol logout pada menu dropdown berikut ini,

consistency2

Kedua tombol tersebut memiliki fungsi yang sama namun memiliki desain yang berbeda. Sesuai prinsip konsistensi, seharusnya kedua tombol tersebut memiliki desain yang sama, agar tidak membingungkan pengguna. Meskipun begitu, saya lebih menyarankan agar tombol logout dihilangkan dari daerah konten, karena bisa saja pengguna tidak sengaja mengeklik tombol tersebut. Dalam hal ini saya memberikan nilai 2 (Minor Usability Problem)


Masalah 2: Menu yang serupa memiliki desain yang berbeda

Perhatikan screenshot berikut ini,

consistency3

Pada gambar di atas, menu setting sampai kembali ke dashboard memiliki icon dan label, sedangkan menu yang di kanannya tidak memiliki label. Hal ini sangat tidak konsisten. Seharusnya, tiap menu memiliki desain yang sama agar tidak membingungkan pengguna. Saya memberikan nilai 1 pada masalah ini.

One thought on “Consistency and Standards – Salingsapa.com

Leave a comment