Home » Komputer & IT » Heuristic Evaluation » Visibility of system status – Salingsapa.com

Visibility of system status – Salingsapa.com

(Eksperimen ini saya dokumentasikan pada tanggal 02 Juni 2015)

Masalah : Sistem tidak memberikan informasi status pendaftaran calon member dengan jelas.

Ketika mendaftar, sistem memberikan pesan bahwa sistem telah mengirim pesan ke email saya. Sistem menyuruh saya untuk mengeklik url pada email untuk mengaktifkan akun, namun nyatanya email dari salingsapa.com tidak kunjung saya terima. Berikut screenshot setelah saya mendaftar,

error3

Setelah menunggu lebih dari satu jam, saya me-refresh halaman email saya. Berikut ini screenshot-nya,

system1

Seharusnya system tidak memberitahu bahwa system telah mengirim username dan password ke email saya apabila belum terkirim. Sistem dapat menampilkan pesan lain. Akhirnya karena status saya tidak jelas, saya mencoba langsung login, namun tidak bisa.

system2

Hal ini adalah kesalahan yang sangat mengganggu user, saya memberikan nilai 3 (Major Usability Problem) karena saya tidak bisa mengetahui state saya ada di mana.


Masalah 2 : Tidak ada pesan dari system apakah pesan saya sukses masuk atau tidak.

Salingsapa.com menyediakan formulir apabila user ingin menghubungi tim salingsapa.com. Setelah mengisi formulir, system tidak memberikan informasi kepada user apakah pesan yang diinput sukses diterima atau tidak.

Berikut screenshotnya,

system4Setelah mengeklik tombol ‘Kirim Pesan’, Sistem tidak memberikan informasi apakah pesan yang saya kirim sukses terkirim atau tidak. Sistem hanya mengembalikan formulir kosong seperti di bawah ini,

system5Menurut saya, system harusnya memberikan pesan kepada user apakah pesan yang dikirim sukses diterima atau tidak. Untuk kasus ini, saya memberikan skor 3 (Major Usability Problem).

 

2 thoughts on “Visibility of system status – Salingsapa.com

  1. Pingback: Error prevention – Salingsapa.com | Rahmat Nasution

  2. Pingback: Match between system and the real world – Salingsapa.com | Rahmat Nasution

Leave a comment